Header Ads

Kenapa orang Jepang mandi sehari sekali?

Kenapa orang Jepang mandi sehari sekali?

Japanpedia
 - Hai sahabat Japanpedia, kembali lagi di blog Japanpedia. Seperti biasanya kita akan membahas hal-hal anti-mainstream yang mungkin tidak pernah menjadi pembahasan di khalayak ramai dan mungkin menjadi pertanyaan dikalangan anti-mainstream pemikiran dan hati orang Indonesia. 
Langsung aja yuuk 行くぞ!

行くぞ(Ikuzo) = Lets go, Ayo ke TKP, Ayo Pergi 

3 ALASAN ORANG JEPANG MANDI SEHARI SEKALI
Orang jepang biasanya sangat suka berendam air hangat hingga larut malam (masuk furo), karena mereka menganggap mandi atau berendam air hangat sebagai kegiatan penutup kegiatan setelah seharian bekerja atau beraktivitas, dan dengan cara berendam air panas mereka akan merileksasi badan dan pikiran agar bisa tidur dengan nyenyak.



風呂(furo) = bak mandi untuk berendam, bathtub

1. EFEKTIVITAS WAKTU
Kalau di Indonesia kita biasanya mandi sehari 2 kali yaitu pagi dan sore bahkan ada yang sampai 3 kali , berbeda dengan di Jepang mandi hanya sekali pada saat mau tidur. Orang Jepang memang suka mandi larut malam, dan biasanya pada pagi hari mereka hanya mencuci muka dan sikat gigi.

Karena orang Jepang dikenal sangat menghargai ketepatan waktu, jadi mereka tidak mau mengambil resiko harus meluangkan waktu dipagi hari hanya untuk sekedar mandi.

2. KERINGAT
Berbeda dengan Indonesia yang sepanjang tahun matahari terus memancarkan teriknya dan kadang diselingi hujan. Di Jepang ada 4 musim, Haru, Natsu, Aki dan FuyuDari keempat musim itu mungkin hanya natsu atau musim panaslah yang iklimnya hampir sama dengan Indonesia. 3 musim sisanya udaranya sejuk sampai dingin yang menusuk kulit.



Dari fakta di atas bahwa orang Jepang tidak terlalu berkeringat atau tidak sama sekali berkeringat selama tidur. Hal itupun yang menjadikan tidak ada keharusan untuk mandi lagi pada pagi harinya. Sangat berbeda dengan orang Indonesia yang mungkin hampir sepanjang hari akrab dengan keringat. Dan pastinya menyebarkan bau tak sedap 

春(haru) = Musim Semi
夏(natsu) = Musim Panas
秋(aki) = Musim Gugur
冬(fuyu) = Musim Dingin

3. HEMAT AIR
Mungkin inilah yang menjadikannya benar-benar berbeda dengan kita orang Indonesia. Selain sangat menghargai waktu, orang Jepang juga sangat menghargai lingkungan (地球を守る)

Dapat dikatakan bahwa mandi sekali sehari dapat menekan pengeluaran biaya air perbulannya, tentu saja itu sangat membantu dimana biaya hidup di Jepang relatif mahal. Dan yang paling penting lagi dengan mandi sekali sehari dapat berkontribusi untuk isu Global Warming dan keberlangsungan cadangan air di bumi kita tercinta.



地球を守る(chikyu o mamoru) = melindungi/memelihara bumi


----------------------------

Artikel ini tidak bermaksud membanggakan negara lain ataupun merendahkan negara sendiri. Akan tetapi sebagai bahan pengetahuan dan pembelajaran untuk kita semua. Jika ada hal yang baik tidak salahnya untuk kita ikuti dan aplikasikan dikehidupan sehari-hari.

Masih banyak hal-hal anti-mainstream yang akan penulis bagikan dilain waktu. Bagi sahabat Japanpedia yang ingin request atau tanya-tanya silahkan bisa hubungi kontak yang ada. Arigatoune!!

Japanpedia

No comments